Sejarah

Laboratorium Teknik Sipil terletak di Universitas Wiraraja yang berada dibawah naungan program studi teknik sipil pendirian laboratorium Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Wiraraja Sumenep sejak tanggal 28 April 2015 sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Wiraraja Nomor : 55/SK/R/PRA-02/UNIJA/III/2019 Tentang Pendirian Laboratorium Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Wiraraja Sumenep.

Laboratorium Teknik sipil dibangun untuk memfasilitasi kegiatan praktikum mahasiswa Fakultas Teknik khususnya Program Studi Teknik Sipil. Laboratorium Teknik Sipil terdiri dari :

  1. Laboratorium Bahan
  2. Laboratorium Ilmu Ukur Tanah
  3. Laboratorium Perpetaan
  4. Laboratorium Perkerasan Jalan Raya, dan
  5. Laboratorium Beton

Adapun praktikum yang hingga saat ini dilaksanakan di Laboratorium Teknik Sipil adalah Praktikum Bahan, Ilmu Ukur Tanah, Perpetaan, Jalan Raya dan Beton. Untuk praktikum Mekanika Tanah, Laboratorium Teknik Sipil Universitas Wiraraja bekerja sama dengan Laboratorium Mekanika Tanah dan Geologi Universitas Brawijaya, dan bekerja sama dengan Laboratorium Keairan dan Teknik Pantai Intitut Teknologi Sepuluh Nopember untuk praktikum Hidrolika.

      Selain memfasilitasi kegiatan praktikum mahasiswa, Laboratorium Teknik Sipil juga memberikan layanan untuk penelitian dan pengabdian dosen serta layanan jasa kepada pihak internal dan eksternal Universitas Wiraraja.

Kembali ke Atas