Ruang Laboratorium

Laboratorium teknik Sipil terdiri dari dua ruang yaitu ruang Kepala laboratorium dan ruang Laboratorium Beton dan Jalan Raya. Dalam pengelolaannya, Laboratorium Teknik Sipil berada di bawah Program Studi teknik Sipil yang dikepalai oleh Kepala laboratorium dan dibantu oleh satu orang asisten laboratorium.

Laboratorium Teknik Sipil terdapat 5 (Lima) Laboratotium diantanya adalah sebagai berikut :

  • Laboratorium ilmu ukur tanah

Kegiatan laboratorium ini terutama untuk melayani praktikum mahasiswa dalam mata kuliah ilmu ukur tanah, yang merupakan dasar berpijaknya mahasiswa untuk memahami ukuran dan bentuk bumi dan menyajikannya dalam bentuk tertentu. Pelaksanaan praktikum ilmu ukur tanah dilakukan di beberapa lokasi startegis, dan mahasiswa dituntut untuk mengukur jarak, beda tinggi dan mengetahui potongan melintang jalan.

  • Laboratorium Perpetaan

Kegiatan laboratorium ini terutama untuk melayani praktikum mahasiswa dalam mata kuliah perpetaan, yang merupakan dasar berpijaknya mahasiswa untuk memahami dan mengetahui dasar pembuatan peta khususnya peta kontur. Pelaksanaan praktikum perpetaan dilakukan di beberapa lokasi sekolah yang ada di Kabupaten Sumenep.

  • Laboratorium Perkerasan Jalan Raya

Laboratorium ini sangat menunjang mata kuliah yang berhubungan dengan perkerasan jalan. Di laboratorium tersebut disediakan fasilitas pengujian bahan perkerasan jalan diantaranya pemeriksaan penetrasi aspal, pemeriksaan kehilangan berat aspal, pemeriksaan titik nyala dan titik bakar dengan menggunakan cleveland open cup, pemeriksaan titik lembek aspal, pemeriksaan daktilitas bahan-bahan aspal, pemeriksaan berat jenis aspal keras, pemeriksaan kekentalan aspal, pemeriksaan kadar residu aspal emulsi, analisa saringan agregat halus dan kasar, perencanaan dan pengujian campuran aspal dengan alat marshall.

  • Laboratorium Beton

Kegiatan laboratorium ini terutama untuk melayani praktikum mahasiswa dalam mata kuliah Bahan Bangunan, yang merupakan dasar berpijaknya mata kuliah Struktur Baja dan Struktur Beton. Disamping itu untuk melakukan berbagai penelitian, termasuk mengkaji alternatif pemakaian bahan lokal baru.

  • Laboratorium Komputer

Laboratorium Komputer, mendukung pengajaran materi teknik sipil perancangan dan analisis yang berbasis komputer atau pemrograman, diantaranya Structural Analysis Program (SAP) untuk Mata Kuliah Analisis Struktur. Selain itu aplikasi Microsoft juga diberikan di sini.

Kembali ke Atas