Pendidikan

Merupakan layanan Laboratorium Teknik Sipil dalam bentuk praktikum untuk mata kuliah-mata kuliah yang diselenggarakan oleh program studi Teknik Sipil Fakultas Teknik yang bersangkutan. Adapun praktikum yang telah diselenggarakan oleh Laboratorium Teknik Sipil hingga saat ini adalah :

  • Praktikum Bahan

Praktikum bahan dilaksanakan dan diikuti oleh mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Wirarja pada saat semester dua. Tujuan pelaksanaan praktikum ini, mahasiswa diharapkan dapat mengetahui sifat-sifat bahan struktur. Praktikum bahan dilaksanakan dengan beberapa pengujian, yaitu:

  1. Pengujian Semen.
  2. Percobaan Berat Jenis Semen.
  3. Percobaan Konsistensi Normal Semen.
  4. Percobaan Waktu Pengikatan dan Pengerasan Semen.
  5. Percobaan Kuat Tekan Mortar Semen.
  6. Percobaan Berat Volume Semen.
  7. Pengujian Agregat.
  8. Percobaan Kadar Air Agregat Halus.
  9. Percobaan Berat Jenis dan Penyerapan Agregat Halus.
  10. Percobaan Berat Isi Agregat Halus.
  11. Percbaan Kebersihan Pasir Terhadap Bahan Organik, Bahan Lumpur (Pengendapan), Bahan Lumpur (Pencucian).
  12. Percobaan Kadar Air Agregat Kasar.
  13. Percobaan Berat Jenis dan Penyerapan Agregat Kasar.
  14. Percobaan Berat Isi Agregat Kasar.
  15. Percobaan Kebersihan Agregat Kasar Terhadap Lumpur (Pencucian)
  16. Percobaan Keausan Agregat Kasar.
  • Praktikum Ilmu Ukur Tanah

Praktikum Ilmu Ukur Tanah dilaksanakan dan diikuti oleh mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Wirarja pada saat semester tiga. Output pelaksanaan praktikum ini, mahasiswa diharapkan dapat menghitung beda tinggi antara dua titik, menghitung jarak, dan menghitung sudut antara dua titik menggunakan alat waterpass.

  • Praktikum Perpetaan

Praktikum perpetaan dilaksanakan dan diikuti oleh mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Wirarja pada saat semester empat. Praktikum perpetaan dilaksanaan dengan menggunakan alat Theodolite. Output pelaksanaan praktikum ini, mahasiswa diharapkan dapat menghitung dan menentukan posisi koordinat dan ketinggian suatu titik di area tertentu,  menentukan jarak dan beda tinggi serta menggabarkan poligon dan kontur suatu area.

  • Praktikum Perkerasan Jalan Raya

Praktikum Perkerasan Jalan Raya dilaksanakan dan diikuti oleh mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Wirarja pada saat semester lima. Tujuan pelaksanaan praktikum ini, mahasiswa diharapkan dapat mengetahui mengetahui sifat dan karakteristik aspal sebagai bahan perkerasan jalan raya. Pelaksanaan prraktikum ini terdapat beberapa pengujian, yaitu:

  1. Percobaan Penetrasi Aspal.
  2. Percobaan Kehilangan Berat Aspal.
  3. Percobaan Titik Nyala dan Titik Bakar.
  4. Pemeriksaan Titik Lembek Aspal.
  5. Pemeriksaan Daktilitas Bahan Aspal.
  6. Pemeriksaan Berat Jenis Aspal.
  7. Percobaan Kekentalan Aspal.
  8. Percobaan Kadar Residu Aspal.
  9. Analisa Saringan Agregat.
  10. Karakteristik Campuran Aspal dan Agregat dengan Alat Marshall.
  11. Pengujian Kadar Aspal dalam Campuran.
  • Praktikum Beton

Praktikum Beton dilaksanakan dan diikuti oleh mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Wirarja pada saat semester enam. Tujuan pelaksanaan praktikum ini, mahasiswa diharapkan dapat mengetahui mengetahui sifat dan karakteristik beton. Pelaksanaan prraktikum ini terdapat beberapa kegiatan, yaitu:

  1. Campuran Agregat, terdiri dari kegiatan analisa saringan pasir dan batu pecah yang dilanjutkan dengan analisa campuran agregat
  2. Desain Campuran beton (Mix Design)
  3. Campuran Beton, terdiri dari kegiatan pembuatan campuran beton sesuai dengan hasil mix dsign, pengujian slump beton dan penentuan berat isi serta beton per sak semen
  4. Mutu Beton, berupa pengujian kuat tekan beton sebagai evaluasi dari hasil mix design yang telah dilakukan
Kembali ke Atas