PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Pratikum Bahan

Praktikum ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengenal dan mengetahui fungsi dari setiap alat  dan dapat mengetahui sifat-sifat bahan struktur bangunan. Yang meliputi beberapa penyelidikan diantaranya : penyelidikan bahan semen, penyelidikan bahan pasir, penyelidikan bahan agregat kasar.

Pratikum Ilmu Ukur Tanah

Praktikum ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengetahui, mengenal, menggunakan alat-alat Ilmu Ukur Tanah dan mempunyai keahlian dalam bidang ilmu ukur tanah serta mampu melaksanakan pekerjaan-pekerjaan secara tepat dan benar.

Pratikum Perpetaan

Praktikum ini bertujuan untuk memperkenalkan alat-alat pemetaan, mengetahui prosedur pengambilan dan pengolahan data, sehingga praktikan dapat mengaplikasikan teori yang diperoleh selama praktikum di dunia kerja.

Pratikum Beton

Praktikum ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengenal dan mengetahui fungsi dari setiap alat dengan tujuan mengetahui sifat dan kekuatan beton. Yang meliputi beberapa percobaan diantaranya : campuran beton, analisa saringan pasir, analisa saringan batu pecah, perencanaan mix desain beton normal, pengujian slump beton, penentuan berat isi beton dan banyaknya beton persak semen, serta pengujian kekuatan tekan beton.

Pratikum Hidrolika

Praktikum ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengenal dan mengetahui fungsi dari setiap alat dan mengetahui debit dan type aliran. yang meliputi beberpa percobaan diantaranya : pengukuran debit dengan alat ukur thompson, pengukuran debit dengan alat ukur cipoletti, pengukuran debit dengan curren meter, pengukuran debit dengan parshall flume, percobaan profil aliran air pelimpah ambang lebar dan aliran air dibawah pintu, percobaan aliran dengan osborne reynolds, dan percobaan bejana tericelli.

Pratikum Mekanika Tanah

Praktikum ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengenal dan mengetahui fungsi dari setiap alat. Yang meliputi beberapa percobaan diantaranya : cone penetration test, water content test, density test, specific gravity test, mechanical grain size, hydrometer test, percobaan geser langsung, percobaan atteberg limit, percobaan batas plastis, percobaan batas cair, dan percobaan batas susut.

Pratikum Perkerasan Jalan Raya

Praktikum ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengenal dan mengetahui fungsi dari setiap alat dengan tujuan mengetahui sifat dan karakteristik aspal sebagai bahan perkerasan jalan raya. Yang meliputi beberapa pemeriksaan diantanya : pemeriksaan penetrasi aspal, kehilangan berat aspal, titik nyala dan titik bakar dengan menggunakan cleveland open cup, titik lembek aspal, daktilitas bahan- bahan aspal, berat jenis aspal keras, kekentalan aspal, kadar residu aspal emulsi.

Kembali ke Atas